Selasa, 20 Maret 2012

Tips Belajar Bahasa Inggris


TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS
Oleh: ADE KURNIA

Bagi sebagian orang,  mungkin bahasa Inggris merupakan sesuatu yang asing dan membuat kepala mumet. Benar begitu? Paradigma yang tidak tepat itu sebetulnya harus dibuang jauh-jauh. Kita tentu tidak bisa duduk berdiam dan hanya menjadi penonton dimana orang lain semakin jauh meninggalkan kita dalam hal life skill-nya? Mungkin sebagian yang lain berpandangan bahwa bahasa Inggris adalah sesuatu yang sulit sehingga harus dijauhi dan dihindari. Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Fisika adalah beberapa pelajaran yang dianggap killer bukan? Mereka itu menyulitkan! Akan tetapi, sulit adalah diawalnya, bila sudah terbiasa maka kita akan merasakan betapa besar manfaat, khususnya bahasa Ingggris bagi kita terutama di era globalisasi ini.
Bila hal tersebut terjadi pada anda, maka waspadalah! Anda terkena “sindrom salah kaprah” yang bisa mengubur potensi anda dalam berbahasa Inggris. Bukan maksud menggurui dan bukan pula merasa ahli, akan tetapi ini hanyalah sebuah usaha penulis untuk meminimalisir kesulitan dalam belajar bahasa Inggris yang pernah dialami. Bila anda merasa sudah terlalu tua (atau bahkan malu) untuk masuk kursus bahasa Inggris atau kuliah lagi, mungkin tips-tips di bawah ini bisa membantu anda:
1.           Senangi terlebih dahulu
Pada dasarnya, kita melakukan usaha yang sungguh-sungguh apabila kita memang menyenangi hal tersebut. Demikian halnya dengan berbahasa Inggris, bila kita menyenangi bahasa Inggris dari awal dan menjauhkannya dari persepsi yang salah maka kita telah melakukan langkah pertama yang benar. Langkah awal yang baik akan menuntun anda kepada hasil yang memuaskan.
2.           Cari teman yang lebih faham
Langkah kedua, tidak usah ragu dalam bertanya kepada orang lain yang lebih mampu kepada kita. Dan jangan pula beranggapan apabila kita bertanya kepada orang lain maka derajat kita akan menjadi rendah. Prinsipnya, “malu bertanya sesat di jalan” masih tetap selaras dengan kondisi sekarang. Dengan adanya teman yang lebih baik dari kita, akan memacu kita untuk bisa mengejarnya. Komunikasi langsung dengan teman sejawat akan membuat bahasa Inggris kita tidak hanya pasif akan tetapi menjadi aktif juga.
3.           Kamus sebagai alat bantu
Kamus ibarat peta dan kompas bagi seorang penjelajah. Demikian pula bagi anda yang sedang berusaha untuk menguasai bahasa Inggris. Bukalah segera kamus apabila anda menemukan kata-kata yang sulit dan sukar dilafalkan, kemudian catatlah kata tersebut.
4.           Bawa dan gunakan
Bila kamus sudah tersedia, siapkanlah alat tulis lainnya (buku dan ballpoint)sebagai perlengkapan “perang” anda. Bila memungkinkan bawalah kemana pun anda pergi ketiga “senjata” anda tersebut, dan gunakanlah ketika anda merasa membutuhkannya. Jangan khawatir dengan cap Kutu Buku yang mungkin akan anda dengar dari rekan anda.
5.           Film pun bisa
Anda tentu gemar nonton film bukan? Bila ya, ini kesempatan baik untuk memperdalam bahasa Inggris anda. Berkonsentrasilah pada dialog yang diucapkan oleh pemerannya dan perhatikan subtitle-nya. Sedikit demi sedikit anda terjemahkan dalam hati apa yang sedang pemeran ucapkan dan sesuaikan dengan teks terjemahan pada film tersebut. Repot? Ya benar, tapi bermanfaat.
6.           Lagu juga bisa
Dari kelima tips di atas, ini-lah cara yang paling asyik dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak. Caranya? Putar lagu berbahasa Inggris anda, kemudian persiapkan teks lagu dan bersiaplah anda akan segera melantunkan lagu favorit anda!
7.           Jangan cepat puas
Bila sudah merasa bisa berbahasa Inggris hasil latihan anda, waspadalah, jangan cepat puas! Cepat puas diri dalam belajar cenderung mendorong kita menjadi tipe pemalas dan pada akhirnya membuat kita berhenti belajar. Walhasil, kemampuan kita dalam berbahasa Inggris segitu-gitu saja dan stagnan tanpa perkembangan yang berarti. Rugi kan?
8.           Jangan putus asa
Bila hasil latihan tips di atas belum menampakkan hasil, anda jangan berputus asa. Tetaplah mencoba dan terus maju untuk belajar berbahasa Inggris. Bisa tidaknya suatu skill, adalah tergantung kepada individu tersebut dalam berusaha. Thomas Alfa Edison pernah berkata, “Kesuksesan ditentukan oleh 1% bakat, dan 99% usaha”. Anda tahu siapa beliau? Thomas Alfa Edison adalah penemu yang berjasa kepada dunia yang dengan usaha gigihnya telah mampu menemukan bola lampu pijar yang kita rasakan manfaatnya saat ini.
9.           Cobalah sekarang juga
Dari semua tips, ini-lah yang paling penting dan mendasar. Mengapa? Karena dalam belajar kita tidak boleh menunda-nundanya, mulailah dari awal secara sistematis. Tidak perlu buru-buru belajar ke tingkat yang lebih tinggi apabila pijakan awalkita belum kuat benar. Cobalah sekarang juga, langkah awal anda sangat menentukan kapasitas anda. Pepatah Cina mengatakan, “Jarak 1000 mil dimulai dari langkah pertama.”
Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. Thank infonya...

    Hendra,
    <a href="http://pabrikseragam.co.id/seragam/seragamjaket>Pabrik Seragam</a>

    BalasHapus