Selasa, 20 Maret 2012

Lagu Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris


LAGU SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS
Oleh: ADE KURNIA
                      
Penahkah anda melihat seseorang yang sedang bersenandung menirukan lagu favoritnya? Mungkin menyanyikan lagu berbahasa Indonesia, ataupun juga menyanyikan lagu berbahasa asing? Bahasa Inggris misalnya? Keren bukan? Terbayangkah dalam benak anda bahwa lagu berbahasa Inggris pun bisa sebagai alat anda dalam mempelajari bahasa Inggris? Baiklah, tulisan singkat ini akan memberikan gambaran umum bahwa bahasa Inggris pun bisa dipelajari oleh anda sendiri di rumah. Tanpa bantuan guru pun bisa, percaya? Lantas, bagaimana caranya? Mudah saja, yang anda perlukan adalah pemutar lagu (bisa tape recorder, VCD/DVD Player, komputer), lirik lagu yang akan dipelajari, dan yang terakhir telinga anda sendiri! Kemudian lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
1.         Pilihlah lagu yang akan anda gunakan, lebih baik lagu yang slow yang mudah ditirukan nadanya. Dalam hal ini penulis menggunakan lagu Party Doll (Mick Jagger), Yesterday (The Beatles), Season in the Sun (Westlife), dan lagu-lagu slow lainnya. Anda bisa men-download-nya di internet lagu-lagu yang anda sukai.
2.         Sesuaikan terlebih dahulu antara lirik yang akan anda pelajari dengan lagu yang akan anda putar. Berkonsentrasilah pada yang akan anda dengarkan dan lakukanlah nyanyian seperti yang dilagukan oleh penyanyi yang anda putar!
3.         Siapkanlah alat tulis untuk menandai kata yang sulit pelafalannya.
4.         Bila sudah siap, mulailah anda memutar lagu yang anda siapkan sebelumnya.
5.         Tirukanlah setiap kata per kata pada lagu tersebut dengan bantuan lirik yang anda pegang.
6.         Bila anda kesulitan pada suatu kata, catatlah cara pelafalannya di atas kata yang anda anggap sulit sesuai dengan yang anda dengar pada lagu. Jangan lupa persiapkan kamus untuk panduan anda.
7.         Berikan perhatian khusus pada kata-kata sulit pelafalannya tadi.
8.         Ulangi lagu tersebut beberapa kali sampai anda hafal benar dengan apa yang dilantunkan penyanyi pada lagu yang anda putar.
9.         Cari tahu arti dari lagu yang baru saja anda pelajari. Anda bisa menerjemahkannya dengan bantuan Translator walau hasilnya tidak tepat benar. Minimal anda mengetahui jalan cerita dari lagu yang anda pelajari. Lebih jauhnya, anda mengingat dan menghafal kosakata pada lagu tadi.
10.     Cobalah ganti lagu apabila anda merasa sudah menguasai pelafalannya. Kemudian lakukan kembali langkah-langkah di atas pada lagu baru yang akan anda pelajari. Semakin banyak anda dalam menggunakan lagu sebagai bahan belajar, semakin banyak pula kosakata yang telah anda pelajari berikut pelafalannya.
Selamat belajar!

2 komentar:

  1. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS 100% NYATA

    ALHAMDULILLAH TERNYATA ALLAH MASIH MELINDUNGI SAYA, HATI-HATI TEMAN TEMAN DARI POSTINGAN PENIPUAN YANG MENCATUT NAMA BPK AIDU TAUHID SAMA BPK WARLI, YANG HANYA BISA DI PERCAYA POSTINGAN BPK DRS SIDIK KADARUSMAN DIREKTUR PENGELOLAH DATA DAN INFORMASI BKN PUSAT, NO HP BELIAU 0852-1400-0451.

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Direktur pegelolah data dan informasi yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SIDIK KADARUSMAN selalu aktif 0852-1400-0451 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    BalasHapus