Selasa, 20 Maret 2012

Lagu Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris


LAGU SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS
Oleh: ADE KURNIA
                      
Penahkah anda melihat seseorang yang sedang bersenandung menirukan lagu favoritnya? Mungkin menyanyikan lagu berbahasa Indonesia, ataupun juga menyanyikan lagu berbahasa asing? Bahasa Inggris misalnya? Keren bukan? Terbayangkah dalam benak anda bahwa lagu berbahasa Inggris pun bisa sebagai alat anda dalam mempelajari bahasa Inggris? Baiklah, tulisan singkat ini akan memberikan gambaran umum bahwa bahasa Inggris pun bisa dipelajari oleh anda sendiri di rumah. Tanpa bantuan guru pun bisa, percaya? Lantas, bagaimana caranya? Mudah saja, yang anda perlukan adalah pemutar lagu (bisa tape recorder, VCD/DVD Player, komputer), lirik lagu yang akan dipelajari, dan yang terakhir telinga anda sendiri! Kemudian lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
1.         Pilihlah lagu yang akan anda gunakan, lebih baik lagu yang slow yang mudah ditirukan nadanya. Dalam hal ini penulis menggunakan lagu Party Doll (Mick Jagger), Yesterday (The Beatles), Season in the Sun (Westlife), dan lagu-lagu slow lainnya. Anda bisa men-download-nya di internet lagu-lagu yang anda sukai.
2.         Sesuaikan terlebih dahulu antara lirik yang akan anda pelajari dengan lagu yang akan anda putar. Berkonsentrasilah pada yang akan anda dengarkan dan lakukanlah nyanyian seperti yang dilagukan oleh penyanyi yang anda putar!
3.         Siapkanlah alat tulis untuk menandai kata yang sulit pelafalannya.
4.         Bila sudah siap, mulailah anda memutar lagu yang anda siapkan sebelumnya.
5.         Tirukanlah setiap kata per kata pada lagu tersebut dengan bantuan lirik yang anda pegang.
6.         Bila anda kesulitan pada suatu kata, catatlah cara pelafalannya di atas kata yang anda anggap sulit sesuai dengan yang anda dengar pada lagu. Jangan lupa persiapkan kamus untuk panduan anda.
7.         Berikan perhatian khusus pada kata-kata sulit pelafalannya tadi.
8.         Ulangi lagu tersebut beberapa kali sampai anda hafal benar dengan apa yang dilantunkan penyanyi pada lagu yang anda putar.
9.         Cari tahu arti dari lagu yang baru saja anda pelajari. Anda bisa menerjemahkannya dengan bantuan Translator walau hasilnya tidak tepat benar. Minimal anda mengetahui jalan cerita dari lagu yang anda pelajari. Lebih jauhnya, anda mengingat dan menghafal kosakata pada lagu tadi.
10.     Cobalah ganti lagu apabila anda merasa sudah menguasai pelafalannya. Kemudian lakukan kembali langkah-langkah di atas pada lagu baru yang akan anda pelajari. Semakin banyak anda dalam menggunakan lagu sebagai bahan belajar, semakin banyak pula kosakata yang telah anda pelajari berikut pelafalannya.
Selamat belajar!

1 komentar: