Selasa, 20 Maret 2012

PADHAYANGAN PROJECT


PROJECT P

Padhyangan adalah kelompok komedi asal Bandung yang dibentuk oleh mahasiswa dua perguruan tinggi Universitas Padjajaran dan Universitas Katolik Parahyangan pada tanggal 4 Desember 1982. Nama Padhyangan diambil dari kedua almamater tersebut. Kelompok ini didirikan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan ide-ide gila anggota-anggotanya terutama dalam bidang seni. Seni panggung yang ditampilkan Padhyangan adalah sejenis drama komedi yang mengandalkan musik untuk menyampaikan ceritanya yang dikenal dengan istilah 'kabaret'.
Anggota kelompok ini dari tahun ke tahun datang dan pergi, karena memang tidak ada aturan yang jelas untuk jadi anggota selain sebagai seorang mahasiswa atau mahasiswi. Beberapa personel tetap memperkuat sekaligus menjadi tulang punggung organisasi tersebut, seperti Iszur Muchtar dan Denny Chandra, yang mulai aktif di Padhyangan sejak tahun 1984, disusul Daan Aria, Joehana, dan Iang Darmawan, serta Wawan Hanura yang mulai aktif tahun 1986.
Padhayangan melakukan pertunjukan komersial pertama kali pada tahun 1986 di berbagai kota di Jawa Barat. Acaranya diselenggarakan oleh sebuah radio swasta di Bandung. Pada dekade 1988 hingga 1993, keenam anggota tetap tersebut juga mulai aktif sebagai penyiar acara humor, di Radio Oz Bandung setiap Rabu malam. Acara yang pernah mereka buat adalah "GELAK GELITIK OZ" dan "OZSERBA" (OZ SERBA ADA).
Setelah Denden Hermann bergabung di tahun 1994, mereka pun memberanikan diri membuat album rekaman lagu-lagu komedi plesetan alias parodi. Seiring dengan kesuksesan album tersebut, mereka kemudian tampil -untuk pertama kalinya- dalam acara komedi reguler di SCTV yang diberi nama Project-P. Dari situlah mereka kian dikenal di dunia hiburan, khususnya dalam bidang komedi. Gaya komedi mereka biasanya adalah parodi dari seni populer seperti film atau lagu terkenal, campuran antara Monty Python dan "Weird Al" Yankovic.
Seiring kesuksesan Project-P di SCTV dan album lagu parodi mereka yang laris, perbedaan persepsi pun menghampiri. Sebagian besar anggota Padhyangan, Iszur Muchtar, Denny Chandra, Daan Aria, Joehana, Tika Panggabean, Iang Darmawan, Wawan Hanura dan lain-lain, sepakat mengembangkan bakat mereka ke bidang hiburan yang lebih profesional. Maka mereka berpisah pun memutuskan berpisah.
Setelah perpecahan, anggota yang ingin mengembangkan karier di dunia hiburan membentuk P-Project pada 4 Desember 1994. Untuk tetap mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan khususnya di bidang komedi, sejak dini P-Project telah melakukan regenerasi dengan membuat sebuah kelompok yang diberi nama Project Pop. Kelompok ini memiliki 7 orang personil inti yang terdiri dari Kartika Rachel
Panggabean (Tika), Djoni Permato (Udjo), Hermann Josis Mokalu (Yossi), Gumilar Nurohman (Gugum), Hilman Mutasi (Hilman), Muhammad Fachroni (Oon), dan W Rudi Astadi (Odie).
Album P. Project:
1. 1993 : Oo...Lea...Leo!!
2. 1994 : Jilid 2
3. 1996 : Jilid 3
4. 1997 : Jilid Lebaran
5. 1998 : Jilid 4
6. 2000 : The Best of (album P-Project)
A. Album Oo...Lea...Leo!!:
Oo...Lea...Leo!!! adalah album pertama yang dirilis Padhyangan Project pada tahun 1993. Padhyangan Project adalah sekumpulan mahasiswa dua kampus besar di Bandung (Universitas Padjadjaran dan Parahyangan). Mereka sudah eksis sejak lama di Bandung, spesifikasi mereka adalah memparodikan lagu-lagu atau tampil di panggung dengan lawakan ala parodi kabaret. Sempat mengisi acara tetap di Radio OZ Bandung, sampai kemudian mereka mendapat kesempatan untuk merilis album ini. Padhyangan Project punya banyak personel, tapi untuk proyek album ini, yang mengisi adalah personel 'papan atas' alias mereka yang sudah dikenal luas yaitu Iyang Dharmawan, Denny Chandra, Denden Herman, Iszur Muchtar, Daan Aria, Wawan Hanura dan Joehana. Sesuai dengan 'keahlian' mereka berparodi, maka album ini juga berisi lagu-lagu kondang yang diparodikan. Hasilnya ternyata sukses besar. Lagu Nasib Anak Kost yang versi parodi dari lagu That's The Way Love Goes punya Janet Jackson menjadi hits besar. Dan memang, karena semua lagu sudah familiar, ditambah lirik kocak, membuat album ini juga laris manis di pasaran. Kelak kemudian, anggota Padhyangan Project ini melepaskan diri dari Padhyangan Project yang belakangan berganti nama menjadi P-Project, yang melepaskan diri membuat Padhyangan 6 sedangkan Padhyangan Project membidani popularitas Project Pop.
Daftar Lagu Album Oo...Lea...Leo!!:
1. Nasib Anak Kost (That's The Way Love Goes - Janet Jackson)
2. Good Bye Ayu (Good Bye - Air Supply)
3. Waktu Istirahat (In The Still Of The Night - Boyz II Men)
4. Kalau Sempet (A Whole New World - Celine Dion & Peabo Bryson)
5. Cantik Tapi Bau (I Still Believe In U - Vince Gill)
6. Kambing Liar (Come As You Are - Nirvana)
7. Tuk Ibu (Two Princess - Spin Doctors)
8. Disikut (I Feel Good - James Brown)
9. Bapakmu (Run To You - Whitney Houston)
10. Jeep Pak Camat (Silk Pyjamas - Thomas Dolby)
B. Album Jilid 2
Jilid 2 adalah album yang dikeluarkan Padhyangan Project pada tahun 1994. Setelah sukses luarbiasa di album jilid pertama, Padhyangan Project kembali merilis album jilid kedua. Masih dengan konsep yang sama : memparodikan lagu-lagu hits. Perbedaan dari album pertama adalah, di album ini mereka menyertakan 2 lagu baru hasil ciptaan mereka tapi tentu saja tetap berwarna komedi. Hasilnya masih laris manis. Lagu andalan Kop Dan Headen (dari lagu Close To Heaven - Color Me Badd) langsung
jadi hits, dan disusul Pingin Beken (Breathe Again - Toni Braxton) dan Hemat (What's Up - 4 Non Blondes). Sukses mereka ini juga membuat trend baru di dunia musik Indonesia, yaitu munculnya album-album parodi lagu-lagu terkenal. Tapi di sini mereka menyumbangkan dua lagu ciptaan sendiri, sisanya parodi hits barat.
Daftar Lagu Jilid 2:
1. Kop Dan Headen (Close To Heaven - Color Me Badd)
2. Pingin Beken (Breathe Again - Toni Braxton)
3. Seperti Melolong (Sweat (a la la la la long) - Inner Circle)
4. Hemat (What's Up - 4 Non Blondes)
5. Sagala Aya
6. Cepat Insyaf (So Much In Love - All 4 One)
7. Cover Boy (All For Love - Bryan Adams, Sting, Rod Stewart)
8. Bibiku Pergi - feat. Sita RSD (We Could Be It In Love - Lea Salonga feat. Brad Kane)
9. Calon Mertua Garang (King Of Beggars - Lin Tze Shiang)
10. Lingkaran Biru (Since I Don't Have U - GNR)
11. Jangan Dan Boleh - feat. Bucek Depp
C. Album Jlid 3
Track List Lagu : 1. Padhyangan Project – Antrilah di Loket 2. Padhyangan Project - Widuri 3. Padhyangan Project - Mencontek 4. Padhyangan Project – Miripkah Diriku 5. Padhyangan Project – Kuingin Jadi Guru 6. Padhyangan Project – Nasi Goreng Kambing 7. Padhyangan Project – Perut Laper 8. Padhyangan Project – Kudiskah Kamu 9. Padhyangan Project – Tabrak Lari
D. Jilid 4
Padhyangan Project – Lagunya Lagu Bola (La Copa De La Vida) Padhyangan Project – Asap Hitam (So Little Time) Padhyangan Project – Reformasi (Reformasi Damai)(When I Die) Padhyangan Project – Lagi Krismon Padhyangan Project – Ilmuwan (Beatiful Ones)
Padhyangan Project – Andaikan Perawat (I’ll never Break Your Heart) Padhyangan Project – Atur (Love Full) Padhyangan Project – Olea Leo
E. Edisi Lebaran
Track List Lagu : Padhyangan Project – Mudik Padhyangan Project – Lupa Padhyangan Project – Untuk Kemenangan Padhyangan Project – Berjumpa Padhyangan Project – Ngabuburit Padhyangan Project – Sahur Padhyangan Project – Tajil Padhyangan Project – Beduk Takbiran Padhyangan Project – Lebaran Padhyangan Project – Baju Lebaran

Sumber:
http://duniapost.blogspot.com/2008/09/padhyangan-project-group-parodi-yang.html
http://mp3skull.com/mp3/project_p.html
http://www2.mp3raid.com/search/download-mp3/657443/padhyangan_project.html
http://irwan.net/kumpulan-lagu-parodi-padhyangan-project-p-project-atau-project-pop/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar